ReChARGE yOur SouL...

Sunday, August 22, 2010

Live by Faith

Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman." (Roma 1:17)

Bacaan : Roma 1 : 15 - 17

Hidup oleh iman”. Kita kerap mendengar slogan ini, bahkan mungkin terlalu se­ring. Apa sebenarnya artinya? Acap kali orang menjawab, “artinya ka­lau saya ber­iman, saya akan hidup.” Apa ar­tinya hi­dup? “Ya, saya masuk surga ka­lau saya ma­ti nanti. Pokoknya saya per­caya Yesus itu Tuhan, masuk surga, sele­sai sudah.”

Itu benar—kita di­selamat­kan karena kasih karunia oleh iman. Namun, tentu ti­dak selesai di situ. Apabila keselamatan se­ma­­ta urus­an masuk surga, kenapa kita ma­­sih hidup sekarang, tidak mati saja, su­paya langsung masuk surga? Atau mung­­­­­kin ada yang mengata­kan, ber­iman itu pokok­nya percaya Yesus itu Tuhan, titik. Ba­gaimana saya hidup, itu urusan lain. Ka­lau begitu, iman jenis ini cu­ma soal meng­­ha­­fal dalam pikiran seperti menghadapi ujian di sekolah.

Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma meminta supa­ya kita hidup oleh iman. Kata asli yang digunakan untuk “hidup” (ayat 17) di sini sebetulnya berbicara tentang suatu kekuatan, daya yang terus berkelanjutan. Dengan kata lain, Paulus hendak menekan­kan bahwa iman ada dalam kehidupan kita sehari-hari di mana pun dan kapan pun; saat kita makan, saat kita minum, saat kita bekerja, saat kita mengambil keputusan, saat kita hendak ber­be­lanja, saat kita hendak marah—iman memberikan “hidup” dalam hidup kita.

Contoh sederhana; soal tidur. Tanpa iman, banyak orang tidur dalam kekhawatiran, kegelisahan. Banyak orang tidur dengan hati tidak tenang, entah memikirkan pekerjaan, keuangan, dan lain-lain. Namun, iman yang membuat kita hidup adalah iman yang menja­di­kan kita dapat berkata seperti Daud, “Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab Tuhan menopang aku (Mazmur 3:6)

IMAN MEMBUAT HIDUP KITA JADI LEBIH HIDUP SEHINGGA KITA DAPAT MERASAKAN KASIH TUHAN ITU CUKUP

_____________________________________

Roma 1 : 15 – 17

1:15 Itulah sebabnya aku ingin untuk memberitakan Injil kepada kamu juga yang diam di Roma.

1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home